BUNDESLIGA
Sabtu, 20 Oktober 2018 – 20:30 WIB
VfB Stuttgart Borussia Dortmund

Analisis BAND-MAID: start over


BAND-MAID - start over

Video klip “start over” telah diunggah ke akun YouTube resmi milik BAND-MAID pada 3 Juli 2018. Secara resmi, sebenarnya single ini dirilis pada 25 Juli 2018. Single yang menjadi penanda penggunaan kostum maid baru ini digunakan BAND-MAID di tahun 2018. Dengan kostum baru tersebut membuat penampilan para anggota terlihat lebih fresh.

Analisis



Latar tempat pengambilan video klip ini terjadi di dalam ruangan. Nuansa yang tergambarkan dalam jalan ceritanya terkesan santai dengan sentuhan musik pop yang lebih dominan. Unsur musik garangnya telah menghilang. Video klip “start over” menampilkan Kanami yang sedang memainkan piano di awal-awal lagu. Ini adalah kali pertama dia tampil bermain piano dalam proyek BAND-MAID.

BAND-MAID menggunakan orang lain sebagai model video klip. Menurut pendapat saya, cerita yang terjadi di dalam video klip ini menceritakan seorang gadis yang sedang mengingat masa indahnya dengan lelaki yang dia cintai. Namun, ternyata muncul hal yang membuatnya akhirnya berpisah. Dia menyesal, kemudian berharap untuk kembali menjalin hubungan baik dengan lelaki tersebut.

• Saiki Atsumi (Vokal)


“start over” mungkin akan membuat Saiki lebih tampil kalem. Lagu bertempo sedang dan sedikit galau ini tentu membuatnya tampil beda, tidak seperti di lagu-lagu BAND-MAID lain yang memiliki beat lebih cepat. Kostum maid baru yang dipakai Saiki coraknya tidak begitu banyak berubah jika dibandingkan dengan kostum sebelumnya. Warnanya masih didominasi warna hitam.

• Miku Kobato (Gitar/Vokal)


Saya sempat menganggap kalau kostum yang dipakai Miku tertukar dengan kostum yang dipakai Kanami. Namun, ternyata tidak. Kostum maid milik Miku dominan dengan warna putih. Dalam video klip ini, saya kerap mengamati jika Miku dan Saiki sering berhadap-hadapan ketika sedang bernyanyi.

• Kanami Touno (Gitar)


Sesuatu yang berbeda ditampilkan Kanami. Dia tampil untuk pertama kalinya memainkan piano dalam sebuah lagu. Sebenarnya Kanami sudah menguasai permainan piano sejak dirinya masih kecil. Jadi, jangan kaget kalau dia tampil dan mencoba kemampuannya tersebut untuk diperlihatkan.

• Misa (Bass)


Misa memainkan bass yang terdengar seperti permainan pemusik blues. Hal ini membuat lagu “start over” terdapat nuansa blues-nya kalau menurut pendapat saya pribadi.

• Akane Hirose (Drum)


Lagu “start over” memiliki tempo sedang sehingga membuat Achi cocok di bagian ini. Ketukannya tidak begitu cepat seperti layaknya musik metal atau rock yang keras.

Di bawah ini adalah video klip “start over” yang diunggah BAND-MAID ke akun YouTube resminya.


© 2018 BAND-MAID

Tags: Analisis BAND-MAID - start over; Membahas lagu dan video klip BAND-MAID - start over; Review BAND-MAID - start over.
Analisis BAND-MAID: start over Analisis BAND-MAID: start over Reviewed by Beny Oki Sugiarto on 7/19/2018 10:50:00 AM Rating: 5

3 komentar:

  1. Lagu ini sepertinya akan menjadi pelampiasan untuk yang bosan dengan genre yang selama ini dianut oleh BAND-MAID.

    BalasHapus
  2. Mas beny memang jagonya soal bahas band2 jepun

    BalasHapus
  3. wah ipar saya lagi dijepan sukabanget dengan band seperti ini

    BalasHapus

Anda diharapkan membaca artikel ini dalam keadaan sadar dan tidak dalam paksaan pihak mana pun!

Beny Beny Oki Sugiarto - Penggemar Borussia Dortmund yang berharap Asami (LOVEBITES) kembali muda dan suatu saat nanti bisa membentuk supergroup bersama dengan Aldious, BAND-MAID, Cyntia, dan Mary's Blood.
Diberdayakan oleh Blogger.