DFB-POKAL
Selasa, 21 Agustus 2018 – 01:45 WIB
Stadion am Laubenweg
o BORUSSIA DORTMUND
vs
GREUTHER FÜRTH
o
JADWAL PERTANDINGAN
Sabtu, 4 Agustus 2018 – 00:30 WIB
Persahabatan
Borussia Dortmund Stade Rennais FC
Rabu, 8 Agustus 2018 – 00:30 WIB
Persahabatan
SSC Napoli Borussia Dortmund
Minggu, 12 Agustus 2018 – 17:30 WIB
Persahabatan
Borussia Dortmund SS Lazio
Selasa, 21 Agustus 2018 – 01:45 WIB
DFB-Pokal
SpVgg Greuther Fürth Borussia Dortmund
Minggu, 26 Agustus 2018 – 23:00 WIB
Bundesliga
Borussia Dortmund RB Leipzig
HIGHLIGHTS BUNDESLIGA
TSG 1899 Hoffenheim 3 1 Borussia Dortmund
26' Andrej Kramarić
63' Ádám Szalai
73' Pavel Kadeřábek
Marco Reus 58'
-
-

Kamis, 22 Maret 2018

Menerka-nerka Penggunaan Bahasa di Lirik Lagu Milik LOVEBITES dalam Mini-Album “Battle Against Damnation”


Poster Mini-Album “Battle Against Damnation”

Salah satu grup band favorit saya yang mengusung aliran musik melodic power metal, yakni LOVEBITES akan merilis mini-album berjudul “Battle Against Damnation”. Mini-album ini rencananya akan dirilis pada 6 Juni 2018. Sebelum sampai di tanggal perilisan, ada hal yang membuat saya penasaran. Yang membuat saya penasaran adalah di lirik lagunya. Melihat tren sebelumnya, LOVEBITES konsisten menggunakan bahasa Inggris. Bisa dilihat di single EP “THE LOVEBITES” dan di album “Awakening From Abyss”.

Hampir semua lagunya menggunakan bahasa Inggris, terkecuali lagu “Bravehearted” versi single EP “THE LOVEBITES” yang menggunakan bahasa Jepang. Untuk lagu “Bravehearted” versi “Awakning From Abyss”, lirik lagunya diganti menjadi bahasa Inggris.

Penggunaan bahasa di lirik lagu tentu sangat berpengaruh. Bahasa yang disuguhkan bisa mudah dipahami atau justru sulit dipahami, tergantung konteks. Kalau menggunakan bahasa lokal cakupannya berada di wilayah terkait. Lain halnya jika menggunakan bahasa internasional sekelas bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Inggris akan baik dalam segi pemasaran dikarenakan di banyak negara sudah mengenal bahasa Inggris.

Nama besar LOVEBITES sudah sangat dikenal di Eropa. Di sanalah pasar potensial untuk memasarkan lagu-lagunya yang garang. Kesuksesan lain juga karena campur tangan Miko Karmila dan Mika Jussila dalam pembuatan proyek album milik LOVEBITES.

Dari sumber resmi LOVEBITES, mini-album ini nantinya akan berisi 4 lagu. Belum ada info lebih jauh tentang penggunaan bahasa di lirik lagunya. Namun, saya berasumsi jika pihak LOVEBITES akan mengusahakan penggunaan bahasa Inggris. Asami yang menempati posisi vokalis cukup berpengaruh. Dia pernah menetap di Amerika Serikat dan bahasa Inggris-nya juga mumpuni. Saat bernyanyi menggunakan bahasa Inggris, logat Asami sudah berubah seperti orang barat. Hal ini tentu bukan hal sulit untuknya menyesuaikan diri. Saya pribadi berharap agar LOVEBITES tetap konsisten menggunakan bahasa Inggris dalam setiap karya-karyanya. Mari kita tunggu tanggal perilisan mini-album “Battle Against Damnation”.

9 komentar:

  1. pemahaman akan bahasa tertentu memang sangat berpengaruh besar terutama bagi para pendengarnya dan tentunya penjualan album mereka secara internasional.

    BalasHapus
  2. wah melodic power metal keren nih , saya dulu underground bang

    BalasHapus
  3. wah mantap juga nich girld band, album perdana ya mas?

    BalasHapus