BUNDESLIGA
– Revierderby –
Sabtu, 14 April 2018 – 21:30 WIB
Veltins Arena
o FC SCHALKE 04
vs
BORUSSIA DORTMUND
o
JADWAL PERTANDINGAN
Sabtu, 14 April 2018 – 21:30 WIB
Bundesliga
FC Schalke 04 Borussia Dortmund
Sabtu, 21 April 2018 – 23:30 WIB
Bundesliga
Borussia Dortmund Bayer 04 Leverkusen
Minggu, 29 April 2018 – 23:00 WIB
Bundesliga
Werder Bremen Borussia Dortmund
Sabtu, 5 Mei 2018 – 20:30 WIB
Bundesliga
Borussia Dortmund 1. FSV Mainz 05
Sabtu, 12 Mei 2018 – 20:30 WIB
Bundesliga
TSG 1899 Hoffenheim Borussia Dortmund
HIGHLIGHTS BUNDESLIGA
Borussia Dortmund 3 0 VfB Stuttgart
Christian Pulisic 38'
Michy Batshuayi 48'
Maximilian Philipp 59'
-
-
-

Kamis, 04 Januari 2018

Analisis Wagakki Band: Tengaku


Wagakki Band - Tengaku

“Tengaku” merupakan judul lagu yang dinyanyikan oleh grup musik beraliran folk rock asal Jepang, yakni Wagakki Band. Lagu ini dirilis pada 23 April 2014 dan masuk ke dalam album pertama yang berjudul “Vocalo Zanmai”. Album ini bersertifikat “gold” untuk 100.000 kopi.

Analisis

“Tengaku” berasal dari bahasa Jepang. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Nyanyian Surga”. Menurut saya, lagu ini bercerita tentang pergantian musim dari musim hujan ke musim panas. Pada pergantian musim ke musim belum mengalami perubahan untuk melangkah. Rasa gugup untuk mencoba melangkah membuat berpikir kembali antara maju atau mundur.



Latar tempat pengambilan gambar untuk video klip ini terjadi di sebuah tempat tanpa background yang jelas karena serba gelap, dominan dengan warna hitam.

Awalnya lagu ini terdengar kalem dan tenang ketika Daisuke (shakuhachi) dan Kiyoshi (koto) memainkan alat musiknya. Namun beberapa detik kemudian menjadi berubah. Perubahan yang terjadi adalah pada beat yang sedikit dipercepat. Hal ini ditandai ketika Kurona menabuh wadaiko-nya serta Wasabi yang menabuh drum dengan keras.

• Yuko Suzuhana (Vokal)


Yuko sang vokalis memakai busana tradisional Jepang dengan warna yang didominasi warna ungu. Bahkan ada beberapa helai rambutnya berwarna ungu. Aksinya di video klip “Tengaku” terlihat atraktif saat dirinya memainkan kipas. Selain itu aksi panggungnya juga terlihat luar biasa. Hal yang tidak saya lihat di video klip ini adalah payung yang sering Yuko pakai. Meski demikian hal ini tidak mengurangi aksi luar biasa yang ditampilkan Yuko saat bernyanyi.

• Daisuke Kaminaga (Shakuhachi)


Daisuke termasuk anggota yang memberi kontribusi besar untuk membuat lagu ini menjadi terdengar memiliki jiwa. Dia sejak awal meniup shakuhachi-nya dengan penuh makna yang tersembunyi. Mungkin sebagian orang akan menganggap ini sebagai sesuatu yang sakral.

• Kiyoshi Ibukuro (Koto)


Kiyoshi seperti akan mengajak ke era masa lampau. Permainan koto-nya dibuat tenang di situasi yang sepi.

• Beni Ninagawa (Shamisen)


Walaupun Beni terlihat judes dan cuek namun dirinya tampil berkesan. Aksinya ketika memainkan shamisen membuat saya takjub. Dari segi busana yang dikenakan terlihat cocok. Balutan busana tradisional berwarna merah dan hitan menandakan rasa berani dan tegas.

• Machiya (Gitar)


Di beberapa momen, Machiya mengenakan topeng. Namun hanya bersifat sementara. Setelah itu dirinya tampil tanpa topeng. Machiya terlihat mengenakan tindik di bibirnya.

• Asa (Bass)


Ada sesuatu yang pertama kali saya lihat dari Asa sang bassist Wagakki Band. Apa itu? Saya melihat dirinya mengenakan kacamata di beberapa segmen di video klip “Tengaku”.

• Kurona (Wadaiko)


Kurona sangat bersemangat. Dia dan Wasabi (drummer) terlihat kompak memainkan instrumen wadaiko dan drum. Bahkan di video klip dibuat dua tampilan dari keduanya.

• Wasabi (Drum)


Seperti halnya Kurona, Wasabi jelas terlihat bersemangat. Tapi bedanya Wasabi terlihat brutal saat menggebuk drum. Penampilannya terlihat seperti pemuda dengan semangat yang membara. Hal ini ditandai dengan penampilan gaya rambut yang dipilihnya.

Secara keseluruhan, lagu “Tengaku” ini terdengar bagus. Pembuatan video klipnya terlihat sederhana namun memiliki efek yang epic. Saya bahkan tidak bosan-bosan memutar berulang-ulang lagu ini sebab memiliki beat yang lumayan cepat untuk aliran folk yang dipadukan dengan pop. Berikut ini adalah video klip yang diunggah Ryu Osaka di akun YouTube:


© 2013 Ryu Osaka

Tags: Analisis Wagakki Band - Tengaku; Analisis lagu Wagakki Band - Tengaku; Sejarah lagu Wagakki Band - Tengaku; Membahas lagu Wagakki Band - Tengaku; Review lagu Wagakki Band - Tengaku.

12 komentar:

  1. Jepang memang kreatif banget, aliran musiknya berasa banget original Jepang

    BalasHapus
  2. kaya ada suara srulingnya ya pas awal-awal .. kreatif bgt si lagunya bagus:D

    BalasHapus
  3. Waduh asing banget nih....maklum biasa dengerin artis lokal

    BalasHapus
  4. Wooww!! Nyanyian surga...😱 sebuah karya musik yang begitu Fantastis dari sebuah group band Wagakki..

    Justru ref lagunya pertengahan lebih enak didengar setelah aku klik video diatas..😃😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Juga dipadukan dengan aksi permainan kipasnya Yuko.

      Hapus
  5. saya langsung jatuh hati nih sama bandnya, setelah denger lagunya

    BalasHapus
  6. Ijin share aja mas.. kurang update saya nyah kalo artis luaran...

    BalasHapus
  7. Nyanyian surga, Wagakki Band. Pintar sekali memberi namanya ya? Saya suka dengan permaian musiknya Kiyoshi.

    BalasHapus
  8. Keren asli, meskipun di youtube subscribenya baru dikit, tapi yang nonton udah banyak. Keren, yang aku suka itu ya ini, setiap pembahasan yang membuatku penasaran, dan disitu tersisipkan videonya. Jadi bisa melihat langsung..he

    BalasHapus