BUNDESLIGA
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Signal Iduna Park
o BORUSSIA DORTMUND
vs
TSG 1899 HOFFENHEIM
o
JADWAL PERTANDINGAN
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Bundesliga
Borussia Dortmund TSG 1899 Hoffenheim
HIGHLIGHTS BUNDESLIGA
1. FSV Mainz 05 0 2 Borussia Dortmund

Sokratis 55'
Shinji Kagawa 89'

Minggu, 23 Juli 2017

Analisis Wagakki Band: Ikusa

“Ikusa”
Wagakki Band

“Ikusa” merupakan lagu yang dirilis oleh Wagakki Band pada tanggal 27 Agustus 2014. Lagu ini adalah lagu favorit saya. Video klip yang ditampilkan sangat luar biasa. Hal inilah yang membuat Wagakki Band dikenal karena mampu membuat video klip yang spektakuler. Keunikan lain yang tersaji di video klip “Ikusa” adalah busana yang dikenakan para personel Wagakki Band. Busana tradisional yang terlihat klasik dengan corak seni yang tinggi masih menjadi ciri khas.

Jika mengacu kepada masalah kostum tentu mata kita akan tertuju kepada sosok Yuko Suzuhana (vokal) dan Beni Ninagawa (shamisen). Yuko terlihat anggun dengan balutan busana berwarna hitam yang hampir menutupi seluruh tubuhnya. Beni tampak feminim dengan rambut panjang yang dikucir di belakang.

Analisis

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, “Ikusa” berarti “Perang”. Judul lagunya tampak nyambung dengan makna cerita di lagu tersebut. Di video klip ini menceritakan tentang peperangan. Yang memerankan adegan perang di antaranya adalah Asa vs Machiya (screenshot 4), Daisuke vs Kiyoshi (screenshot 5), dan Wasabi vs Kurona (screenshot 6).


(Screenshot 1)


(Screenshot 2)


(Screenshot 3)


(Screenshot 4)


(Screenshot 5)


(Screenshot 6)

Saya sebut lagu ini beraliran folk-rock dengan tempo yang lumayan cepat. Permainan shakuhachi dari Daisuke sangat dominan sebab suara yang terdengar dari instrumen musiknya lumayan terasa.

• Yuko Suzuhana (Vokal)


Yuko terlihat sangat fantastis. Karakter gaya vokal cengkok dan ditopang dengan permainan kipas yang dia pegang sangat menyejukan jiwa. Yuko mengenakan kostum berwarna hitam (dominan) dengan kombinasi warna ungu.

• Daisuke Kaminaga (Shakuhachi)


Jatah Daisuke di instrumen shakuhachi lumayan banyak. Permainan shakuhachi-nya sering terdengar jelas. Di video klip ini, dia beradegan melawan Kiyoshi. Melihat penampilan Daisuke di video klip ini mengingatkan saya kepada sosok Andhika yang pernah menjadi vokalis Kangen Band.

• Kiyoshi Ibukuro (Koto)


Kiyoshi tidak banyak tersorot kamera ketika memainkan instrumen koto. Dia hanya sesekali terlihat. Kiyoshi beradegan melawan Daisuke di video klip.

• Beni Ninagawa (Shamisen)


Sinis dan apatis, begitulah yang terlihat di raut wajah Beni. Dia terlalu fokus saat memainkan shamisen. Beni terlihat anggun dan feminim saat rambut panjangnya dikucir di belakang. Warna rambutnya hitam sedikit kemerah-merahan.

• Machiya (Gitar)


Machiya yang membuat lagu ini bernuansa folk-rock. Meski begitu, Machiya tidak terlalu mengutamakan efek distorsi pada gitarnya. Suara efek distorsi yang dihasilkan tidak terlalu keras. Dalam adegan peperangan, Machiya melawan Asa.

• Asa (Bass)


Penampilan Asa di video klip ini tampak mencolok sebab dia mengenakan busana berwarna kemerahan. Hal ini tentu kontras dengan busana yang dikenakan personel Wagakki Band lain yang mayoritas mengenakan busana berwarna gelap. Diceritakan jika Asa bertarung melawan Machiya.

• Kurona (Wadaiko)


Gaya potongan rambut Kurona terlihat agresif, seperti bulu landak. Kurona beradegan melawan Wasabi menggunakan senjata sejenis tombak.

• Wasabi (Drum)


Wasabi sangat bersemangat saat menabuh drum. Gaya potongan rambutnya seperti orang-orang di Harajuku, yakni berwarna putih kecoklatan. Wasabi melawan Kurona dalam adegan bertarung.

Secara keseluruhan, video klip ini terlihat menakjubkan. Ada bendera yang berkibar. Selain itu latar tempatnya cukup menyejukkan mata ketika berada di alam bebas. Api dan asap menjadi sensasi tersendiri. Jadi, apakah kamu penasaran dengan video klip “Ikusa” milik Wagakki Band? Berikut ini adalah video klip yang diunggah oleh Wagakki Band di akun YouTube resminya.


Tags: Analisis Wagakki Band - Ikusa; Analisis lagu Wagakki Band - Ikusa; Sejarah lagu Wagakki Band - Ikusa; Membahas lagu Wagakki Band - Ikusa; Review lagu Wagakki Band - Ikusa.

4 komentar:

  1. waktu itu sempet ke acara jejepangan. semacam cosplay. ada bandnya juga dan tampilannya mirip2 kaya gini.

    BalasHapus
  2. Wihh..mas Beni ada di Wagakki Band. Hehehe
    Lagu rock dengan cerita peperangan sepertinya sangat seru dan menderu deru nih. Sayangnya gak bisa liat pidionya. Paketan data menipis. Wkwkwkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di Wagakki Band, Beni itu cewek, Mas. Haha.

      Hapus

Cari Artikel