BUNDESLIGA
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Signal Iduna Park
o BORUSSIA DORTMUND
vs
TSG 1899 HOFFENHEIM
o
JADWAL PERTANDINGAN
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Bundesliga
Borussia Dortmund TSG 1899 Hoffenheim
HIGHLIGHTS BUNDESLIGA
1. FSV Mainz 05 0 2 Borussia Dortmund

Sokratis 55'
Shinji Kagawa 89'

Minggu, 16 Juli 2017

Kalafina

Kalafina


Wakana - Keiko - Maya - Hikaru

Entah kenapa saya menjadi suka kepada lagu-lagunya Kalafina. Kejadian ini berawal ketika saya berselancar di Google (bulan Desember 2015). Waktu itu saya mencari lirik lagunya Eir Aoi yang berjudul “GLORIA”, tapi malah nyasar ke lirik lagunya Kalafina yang “Gloria”. Judulnya sama tapi isinya beda. Dari situlah saya menjadi penasaran dan mencoba mencari informasi tentang Kalafina di internet. Mengejutkan, ternyata saya baru tahu jika Kalafina adalah vocal group (bukan girlband, idol group, dan sejenisnya) yang berasal dari Jepang. Grup ini dibentuk oleh komposer ternama, yakni Yuki Kajiura pada tahun 2007.

✽ Aliran Musik

• Chamber Pop
• J-Pop
• J-Rock
• Musik klasik kontemporer
• Pop-Rock
• Symphonic

✽ Personel Utama

1. Keiko Kubota (vokal): Adalah vokalis di Kalafina. Lahir pada tanggal 5 Desember 1985. Nama panggilannya adalah Keiko. Memiliki jenis vokal alto yang rendah dan berat. Dia seringkali mendapat tugas menjadi backing vocal dari vokal kedua rekannya yang lebih tinggi. Walaupun vokal Wakana dan Hikaru sama-sama tinggi, namun jenis vokal keduanya berbeda sehingga Keiko harus mampu membedakan jenis vokal yang pas untuk men-support kedua rekannya itu. Namun dalam beberapa lagu, Keiko mendapat bagian menyanyikan melodi utama.

2. Wakana Ōtaki (vokal): Adalah vokalis di Kalafina. Lahir pada tanggal 10 Desember 1984. Nama panggilannya adalah Wakana. Memiliki jenis vokal soprano. Dia paling sering menyanyikan bagian-bagian utama lagu-lagu yang menggunakan Kajiura-go (bahasa Kajiura) karena sesuai dengan vokalnya yang tinggi, halus, dan terdengar seperti suara malaikat (angelic voice). Walaupun begitu, dia pun terkadang menjadi backing vocal saat kedua rekannya mendapat bagian menyanyikan melodi utama dari sebuah lagu.

3. Hikaru Masai (vokal): Adalah vokalis di Kalafina. Lahir pada tanggal 2 Juli 1987. Nama panggilannya adalah Hikaru. Memiliki jenis vokal mezzo soprano. Di antara ketiga personel Kalafina, Hikaru memiliki jenis vokal yang paling pop, kuat dan bertenaga. Seringkali Hikaru mendapat jatah vokal solo di beberapa bagian lagu tanpa dibantu backing vocal kedua rekannya untuk menonjolkan vokalnya yang unik.

✽ Personel Pendukung

1. Yuki Kajiura (komposer, aransemen, keyboardist, produser, backing vocal): Yuki telah membuat musik untuk berbagai serial anime terkenal seperti film Shin Kimagure Orange Road, Noir, Aquarian Age, Madlax, My-HiME, My-Otome, Pandora Hearts, Puella Magi Madoka Magica, Sword Art Online, Tsubasa Chronicle, dan film Kara no Kyoukai. Kajiura juga bekerja sama dengan Toshihiko Sahashi pada pembuatan musik untuk Mobile Suit Gundam SEED dan Mobile Suit Gundam SEED Destiny. Kajiura juga menulis lagu untuk video game, termasuk musik cutscene di Xenosaga II dan semua lagu tema Xenosaga III.

2. Kaida Yuriko (chorus).

3. Tomaru Hanae (chorus).

4. REMI (chorus).

✽ Mantan Anggota

1. Maya Toyoshima: Saya kurang mengetahui sosok Maya. Dia sudah tidak lagi menjadi anggota Kalafina sejak bulan Mei 2009. Menurut info yang saya dapat jika Maya meninggalkan Kalafina karena alasan akan pergi untuk berkuliah.

Lagu-lagu dari Kalafina juga telah sukses mengisi soundtrack anime, di antaranya adalah: Kara no Kyōkai, Fate/Zero, Arslan Senki, Mahou Shoujo Madoka☆Magica, dan tentunya masih banyak lagi (sisanya cari sendiri ya, tidak mungkin saya tulis semuanya di sini).

Kalafina pernah tampil untuk pertama kalinya di Indonesia dalam acara “Anime Festival Asia Indonesia 2013 (AFAID 2013)” pada tanggal 8 September 2013 dalam panggung yang sama dengan BABYMETAL dan fripSide.

Lagu terbaik Kalafina:

♫ “Believe” (favorit)
♫ “Samidare ga Sugita Koro ni” (favorit)
♫ “Storia”
♫ “One Light”
♫ “Gogatsu no Mahou”
♫ “Heavenly Blue”
♫ “Magia”


Cover Single Kalafina - “Storia”

Tambahan! Untuk masalah kostum tidak perlu diragukan lagi. Kalafina memiliki fashion style yang menakjubkan untuk setiap sampul CD, MV, dan saat melakukan live performance dan konser. Ketika sedang tampil, biasanya mereka memakai gaun-gaun seperti goth lolita. Membahas masalah lirik lagunya, ada beberapa dari lagunya yang disisipkan bahasa dari negara Eropa, kalau tidak Jerman ya Prancis.

3 komentar:

  1. Samidare ga Sugita Koro ni, lagu favorit banget. Temponya lambat dan easy listening.

    BalasHapus
  2. Saya suka Kalafina sejak beberapa tahun lalu, dikenalin lagu-lagunya sama temen. Nggak terlalu ngikutin sih, tapi tetep suka!

    BalasHapus
  3. Wew, karakter vokal yang berbeda beda menjadi keunikan grup ini.

    BalasHapus

Cari Artikel