BUNDESLIGA
Minggu, 11 November 2018 – 00:30 WIB
Borussia Dortmund FC Bayern München

Analisis Aldious: Utopia

“Utopia”
Aldious

“Utopia” adalah judul lagu yang dirilis oleh grup band Aldious pada 10 Mei 2017. Lagu ini masuk ke dalam album ke-6 bertajuk “Unlimited Diffusion” dengan jumlah total 12 buah lagu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), utopia berarti sistem sosial politik yang sempurna yang hanya ada dalam bayangan (khayalan) dan sulit atau tidak mungkin diwujudkan dalam kenyataan.

Analisis


(Screenshot 1)


(Screenshot 2)


(Screenshot 3)

Latar pengambilan gambar di video klip ini terlihat sedang berada di studio pemotretan. Kostum yang dipakai para personel Aldious di video klip ini masih tampak seksi dan sama dengan yang mereka pakai di video klip sebelumnya. Dari segi musik, terdengar ada campuran antara pop dan rock. Unsur rock dapat diketahui dari permainan gitar Yoshi dan Toki yang memakai efek distorsi. Toki masih konsisten memakai gitar ESP warna merah mudanya. Kalau dari segi pop jelas tertampilkan dari gaya bernyanyinya Re:NO yang mendayu-dayu. Lagu ini diawali dengan alunan tempo yang lambat, kemudian bertambah cepat. Pada detik ke-36, terlihat para personel Aldious kompak melakukan headbang. Rambut panjang mereka terkibaskan dengan sangat cepatnya.

1. Re:NO (Vokalis)

Banyak yang membicarakan tentang gaya bernyanyi dari Re:NO. Padahal memang seperti itu karakternya Re:NO saat bernyanyi. Meski Aldious tergolong grup band metal, namun karakter Re:NO sebagai sang vokalis tidak nampak seperti kebanyakan vokalis grup band metal lainnya. Dia masih mempertahankan gaya bernyanyi ala penyanyi pop. Penampilan Re:NO di video klip ini tampak feminim. Gaun yang dipakainya sama dengan yang dia pakai di single sebelumnya.

2. Yoshi (Gitaris)

Yoshi sang pemain gitar tampak feminim dengan gaya rambut baru yang dibuatnya. Gaya rambutnya agak beda dengan yang sebelumya dia buat. Meski begitu, karakternya Yoshi tetap sama, yakni terlalu fokus saat bermain gitar dan sedikit menatap ke kamera. Ekspresi wajahnya terlihat dingin.

3. Toki (Gitaris)

Gitar ESP berwarna merah muda masih menjadi andalannya. Tidak dapat dipungkiri jika Toki kadang tersenyum saat aksi permainan gitarnya disorot. Cepat dan garang, itulah dua kata yang pas ditujukan kepada Toki.

4. Sawa (Bassist)

Sawa tampak imut di video klip ini. Gaun yang dikenakannya berwarna putih dan terlihat anggun. Dia memainkan bass dengan tenang dan tidak seperti Toki yang enerjik. Saya mengira kalau Sawa mencoba mengimbangi permainan gitar dari Yoshi dan Toki yang cepat.

5. Marina (Drummer)

Untuk ukuran seorang wanita, permainan drumnya Marina cukup bagus dan cepat. Dia memakai DW Drums dengan tiga bass drum yang dipilihnya. Bakat dari sang ayah, yakni Terry Bozzio tampak mengalir pada dirinya.

Penasaran dengan video klip Aldious - Utopia? Berikut ini adalah video klip yang diunggah oleh Aldious di akun YouTube resminya:


Bagaimana menurutmu tentang lagu “Utopia” milik Aldious ini?
Analisis Aldious: Utopia Analisis Aldious: Utopia Reviewed by Beny Oki Sugiarto on 4/20/2017 02:48:00 PM Rating: 5

5 komentar:

Anda diharapkan membaca artikel ini dalam keadaan sadar dan tidak dalam paksaan pihak mana pun!

Beny Beny Oki Sugiarto - Penggemar Borussia Dortmund yang berharap Asami (LOVEBITES) kembali muda dan suatu saat nanti bisa membentuk supergroup bersama dengan Aldious, BAND-MAID, Cyntia, dan Mary's Blood.
Diberdayakan oleh Blogger.