BUNDESLIGA
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Signal Iduna Park
o BORUSSIA DORTMUND
vs
TSG 1899 HOFFENHEIM
o
JADWAL PERTANDINGAN
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Bundesliga
Borussia Dortmund TSG 1899 Hoffenheim
HIGHLIGHTS BUNDESLIGA
1. FSV Mainz 05 0 2 Borussia Dortmund

Sokratis 55'
Shinji Kagawa 89'

Selasa, 21 Maret 2017

Analisis BAND-MAID: the non-fiction days

“the non-fiction days”
BAND-MAID®

Apakah kalian sudah melihat video klip BAND-MAID yang berjudul “the non-fiction days”? Kalau saya kebetulan sudah punya dan sudah tersimpan rapi di laptop. “the non-fiction days” adalah lagu yang dirilis pada tanggal 18 Mei 2016 dan masuk ke dalam mini album ke-3 berjudul “Brand New MAID” milik grup musik BAND-MAID yang mengusung genre hard rock dan heavy metal. Lagu ini juga dinyanyikan mereka ketika tur konser di Seattle, Washington DC, Amerika Serikat, tepatnya pada tanggal 25-27 Maret 2016. Di lagu ini, duet dobel gitar milik Miku dan Kanami masih menjadi andalan. Distorsi gitar utama dan gitar ritem di lagu ini cukup keras, ada suara efek putus-putusnya juga yang cukup agresif di awal dan di akhir lagu. Saya suka di bagian ini.

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, “the non-fiction days” berarti “hari-hari non-fiksi”.

Analisis




Latar tempat pengambilan video klip ini sepertinya terjadi di pinggir pantai, terlihat ada kincir anginnya juga. Saya tidak akan mengomentari Saiki Atsumi dengan pose kaki seperti itu! Screenshot yang pertama itu terlihat seperti menunggu. Kira-kira menunggu apa, ya? Uniknya di video klip ini adalah ada kafe terbuka di pinggir pantai. Suasana yang tergambar di video klip ini terjadi pada siang dan malam hari. Di siang hari, terdapat angin yang bisa mengibaskan rambut dari masing-masing personil BAND-MAID. Saat malam hari, muncul kobaran api di pasir pantai.

1. Saiki Atsumi (Vokalis)

Saiki tampil baik di video klip ini. Menurut pendapat saya, aura Saiki memperlihatkan versi “evil”-nya dengan tatapan mata yang tajam ke arah depan. Suara vokal Saiki Atsumi cukup dominan. Mungkin ini efek karena Miku (gitaris/vokalis) sedikit ditarik ke belakang dan menempati posisi backing vocals. Lagu “the non-fiction day” memiliki lirik yang cukup panjang dan cepat. Meski begitu, Saiki mampu mengatur pernapasannya sehingga dia tidak mengalami “ngos-ngosan” saat menyanyikan lagu ini.

2. Miku Kobato (Gitaris/Vokalis)

Miku berusaha mengimbangi kualitas vokal Saiki? Bernyanyi sambil memainkan gitar, itulah posisi Miku. Jika dilihat dari video klip yang sudah saya tonton, Miku memainkan gitar ritem sedangkan gitar utama masih dimainkan oleh Kanami. Selain memainkan gitar ritem, Miku juga berperan sebagai backing vocals untuk membantu Saiki di posisi vokal. Miku berusaha mengimbangi vokal Saiki. Posisi Miku sebagai vokalis kedua di lagu ini terkesan dibatasi. Apakah ini konspirasi BAND-MAID? Saya tidak tahu.

3. Kanami Touno (Gitaris)

Kanami terlalu fokus memainkan gitar-nya. Dia pun tak pernah menatap ke kamera saat aksinya direkam, bahkan tidak tersenyum. Kenapa, Kanami? Tampil di pantai sepertinya cukup berat untuk Kanami. Pergerakannya terbatas, tidak leluasa seperti di atas panggung. Saya melihat sendiri jika sepatu milik Kanami terlalu berat jika digunakan di atas pasir pantai. Saya suka bagian Kanami di lagu ini. Gitar yang dimainkannya mampu bersinergi dengan gitar ritem yang dimainkan Miku. Walaupun begitu, gitar yang dimainkan Kanami lebih agresif daripada gitar ritem yang dimainkan Miku.

4. Misa (Bassist)

Seperti biasa, Misa selalu terlihat misterius. Saya hampir tidak mendengar suara bass yang dimainkan Misa. Dominasi instrumen gitar utama, gitar ritem dan drum terlalu kuat. Meski begitu, suara bass Misa mampu terdengar jelas kurang lebih di menit ke-2 dan di detik ke-37 saat instrumen gitar memberi jalur melodi.

5. Akane Hirose (Drummer)

Lagu “the non-fiction days” ini termasuk lagu enerjik, sampai-sampai wajah Akane tertutupi oleh rambutnya sendiri saat menabuh drum. Ketukan drum yang dimainkan Akane berubah-ubah di lagu ini, bisa cepat dan bahkan bisa lambat. Ada saat ketika Akane menjaga irama musik ketika bass berada di jalur melodi.

Penasaran dengan video klip BAND-MAID - the non-fiction days? Berikut ini adalah video klip yang diunggah oleh BAND-MAID di akun YouTube resminya:


Apa pendapatmu setelah melihat video klip BAND-MAID - the non-fiction days? Mari kita saling bertukar pendapat!

1 komentar:

  1. saya lebih menikmati saja, hingga berakhir tak menemukan celaan, menurut saya itu sudah menjadi stile dari mereka masing-masing sebagai pemusik aliran yang mereka geluti

    BalasHapus

Cari Artikel