BUNDESLIGA
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Signal Iduna Park
o BORUSSIA DORTMUND
vs
TSG 1899 HOFFENHEIM
o
JADWAL PERTANDINGAN
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Bundesliga
Borussia Dortmund TSG 1899 Hoffenheim
HIGHLIGHTS BUNDESLIGA
1. FSV Mainz 05 0 2 Borussia Dortmund

Sokratis 55'
Shinji Kagawa 89'

Jumat, 17 Maret 2017

Ketika Kesehatan Menjadi Alasan untuk Keluar dari Band

Kesehatan adalah hal penting dalam menjalani aktifitas. Jika kesehatan kurang baik, hal yang kita lakukan akan menjadi kurang maksimal. Hal ini juga terjadi dalam sebuah eksistensi dalam sebuah grup band. Jika salah satu dari personel yang kesehatannya memburuk, maka yang terjadi adalah terganggunya personel lain ketika tampil di atas panggung. Banyak kasus seperti ini kerap terjadi. Kejadian yang sudah menjadi bahan pembicaraan banyak kalangan.

Jika kita lihat, banyak beberapa kasus personel yang memutuskan keluar dari band dengan alasan kesehatan. Kejadian seperti ini sebenarnya sangat disayangkan. Tapi apa daya, jika itu pilihan terbaiknya, apa boleh buat. Saya menganggap kalau hal ini justru bisa menjadi anggapan negatif orang-orang di luar sana yang masih menjadi perdebatan. Yang perlu ditekankan di sini sebenarnya adalah rasa pengertian dan saling menghargai.

Mai Tsukahara (ex. Disqualia). Salah satunya adalah bassist─band rock─Disqualia, Mai. Publik seakan dibuat terkejut dengan keputusannya untuk keluar dari band dengan alasan kesehatan. Tapi, setidaknya Mai sudah ikut andil dalam eksistensi di Disqualia sejak tahun 2015 dan berakhir di tahun 2017.

Jika diikuti secara bertahap, mayoritas personel band rock/metal wanita yang keluar dari band memiliki alasan yang sama.

Rami (ex. Aldious - 2008-2012): Salah satu yang menjadi lambang kedigdayaan Aldious adalah sosok Rami yang pernah ikut andil membawa pamor Aldious di kancah musik metal. Suaranya yang garang menjadi ikon band ini. Aktifnya Rami di band tersebut dimulai sejak tahun 2008 dan berakhir di tahun 2012 dengan alasan kesehatan. Namun kini, posisi vokal Aldious sudah ditempati oleh Rino Nikaido alias Re:NO yang bergabung sejak tahun 2012.

Airi (ex. Cyntia - 2011-2012): Airi sang bassist dan salah satu personel lawas memutuskan keluar dari band di tahun 2012 dengan alasan kesehatan dan digantikan oleh Azu dari LAZYgunsBRISKY di beberapa waktu berikutnya. Awalnya, Azu hanya sebagai support bassist saja, namun tak lama setelah itu, dia diangkat menjadi anggota tetap.

Mai Tsukahara (ex. Disqualia - 2015-2017): Di kalangan para fans Disqualia, amat berat sebenarnya melihat sang bassist yang memutuskan keluar.

Kasus personel yang keluar dari band seperti ini akan meninggalkan sebuah lubang. Contoh, kosongnya posisi vokalis, gitaris, bassist atau juga drummer. Jika tidak cepat bertindak mencari pengganti, maka band terkait akan sulit mencari formasi lengkap, terkesan pincang. Salah satu caranya adalah mencari personel pendukung. Grup band Cyntia pernah menerapkan strategi ini dan sukses. Awalnya Cyntia merekrut Azu dari LAZYgunsBRISKY hanya sebagai support bassist. Tapi seiring berjalannya waktu akhirnya Azu diangkat menjadi anggota tetap.

4 komentar:

Cari Artikel