BUNDESLIGA
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Signal Iduna Park
o BORUSSIA DORTMUND
vs
TSG 1899 HOFFENHEIM
o
JADWAL PERTANDINGAN
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Bundesliga
Borussia Dortmund TSG 1899 Hoffenheim
HIGHLIGHTS BUNDESLIGA
1. FSV Mainz 05 0 2 Borussia Dortmund

Sokratis 55'
Shinji Kagawa 89'

Selasa, 21 Februari 2017

Bangkit Kembali Ketika “The Yellow Wall” Sepi

“The Yellow Wall” adalah julukan untuk sekumpulan suporter Borussia Dortmund yang berdiri memadati tribun selatan Stadion Signal Iduna Park, lengkap membawa kibaran bendera dan membuat koreografi cantik. Di sektor inilah tempat suporter fanatik Borussia Dortmund meneriakan suara dukungan untuk para pasukan “Die Borussen” saat berlaga. Namun, tahukah kamu jika ada saat ketika tribun selatan Signal Iduna Park sepi? Ya, ini terjadi pada tanggal 18 Februari 2017. Tanggal tersebut bertepatan dengan pertandingan melawan VfL Wolfsburg.

Berawal dari Borussia Dortmund Melawan RB Leipzig

Awal permasalahannya berawal dari sini, saat suporter Borussia Dortmund “mengolok-olok” RB Leipzig. Kelompok suporter BVB dan bahkan kelompok suporter lain di Jerman memang sejak pertama kali sering mengolok-olok tim yang bermarkas di Red Bull Arena, yakni RB Leipzig. Hanya karena tim ini disponsori minuman berenergi membuat situasi menjadi memanas. Sejak putaran pertama Bundesliga saat Borussia Dortmund bertandang ke markas RB Leipzig memang sudah tercium aroma ketidaksukaan kelompok suporter BVB terhadap keberadaan RB Leipzig. Berlanjut ke putaran kedua Bundesliga, tepatnya pada tanggal 5 Februari 2017. Pada pertandingan ini, terjadi sebuah kejadian yang merugikan pihak BVB. Suporter BVB memajang spanduk besar yang berisikan kata-kata sindiran kepada pihak RB Leipzig. Isinya kurang lebih menentang RB Leipzig yang disinyalir “melanggar” aturan 50+1.

Horor pun terjadi juga. Pihak DFB tidak tinggal diam. Pada akhirnya DFB menjatuhkan sanksi kepada Borussia Dortmund dengan perintah pengosongan tribun selatan Stadion Signal Iduna Park selama 1 laga. Banyak pihak yang tidak terima dengan keputusan yang diambil oleh DFB. Namun, aturan ya aturan, BVB taat aturan. Tribun selatan pun dikosongkan saat laga melawan VfL Wolfsburg.


Tribun Selatan Signal Iduna Park

Bangkit dari Keterpurukan

Meski di laga melawan RB Leipzig (5/2/2017) meraih 3 poin, namun tiga laga berikutnya menjadi kacau. Borussia Dortmund terseok-seok dalam tiga laga berikutnya. Yang pertama meraih hasil imbang 1-1 saat melawan Hertha Berlin di ajang DFB-Pokal. Akhirnya sampai melalui babak adu penalti. Beruntung, BVB bisa keluar sebagai pemenang dan berhak melaju ke fase berikutnya dengan hasil 4-3 setelah melalui babak adu penalti. Kedua, kalah di markas SV Darmstadt 98 dengan skor 2-1. Ketiga, kalah di markas SL Benfica dalam lanjutan ajang UEFA Champions League.

Lain cerita saat menjamu VfL Wolfsburg pada tanggal 18 Februari 2017 di Bundesliga. Saat Borussia Dortmund menjalankan hukuman berupa pengosongan tribun selatan yang dijatuhkan pihak DFB, justru mendapat hasil bagus. Pasukan BVB bisa meraih hasil positif dengan mengalahkan VfL Wolfsburg dengan skor 3-0. Di laga ini, Jakub Blaszczykowski alias Kuba disambut hangat di dalam stadion.

2 komentar:

  1. Syukurlah, meski tribun selatan kosong oleh supporter, namun pasukan BVB bisa meraih hasil positif dalam laga melawan VfL Wolfsburg .

    BalasHapus
  2. Pemasangan sepanduk dengan tulisan yang menyebabkan terkena sanksi, cara itu seharusnya memang diterapkan
    tapi bisa sukses juga ya

    BalasHapus

Cari Artikel