PERSAHABATAN
Rabu, 23 Mei 2018 – 09:00 WIB
Banc of California Stadium
o LOS ANGELES FC
vs
BORUSSIA DORTMUND
o
JADWAL PERTANDINGAN
Selasa, 15 Mei 2018 – 00:00 WIB
Persahabatan
FSV Zwickau Borussia Dortmund
Rabu, 23 Mei 2018 – 09:00 WIB
Persahabatan
Los Angeles FC Borussia Dortmund
Sabtu, 21 Juli 2018 – 08:00 WIB
International Champions Cup
Manchester City Borussia Dortmund
Minggu, 22 Juli 2018 – 15:00 WIB
International Champions Cup
Liverpool Borussia Dortmund
Kamis, 26 Juli 2018 – 07:00 WIB
International Champions Cup
Borussia Dortmund SL Benfica
HIGHLIGHTS BUNDESLIGA
TSG 1899 Hoffenheim 3 1 Borussia Dortmund
26' Andrej Kramarić
63' Ádám Szalai
73' Pavel Kadeřábek
Marco Reus 58'
-
-

Rabu, 15 Februari 2017

Antara Saya dan Admin Borussia Dortmund (+1909)


Tribun Selatan Signal Iduna Park

Setelah membaca judul di atas diharapkan agar tidak langsung mengambil keputusan jika saya dan admin Borussia Dortmund saling memiliki rasa. Entah itu rasa benci, suka, penasaran, dan cinta. Sebaiknya abaikan kata yang terakhir. Sekali lagi, ini adalah sebuah tulisan yang memiliki kebanggaan dan passion, terlebih untuk saya pribadi. Saya terpikir untuk menjadi bagian dari Borussia Dortmund—klub yang sulit meraih trofi akhir-akhir ini—yang bermarkas di Jerman. Namun, harapan yang terlalu tinggi justru hanya membuat beban pikiran.

Berharap agar saya dan Borussia Dortmund saling terhubung. Kita bahas di Twitter. Borussia Dortmund dikenal ramah sebab ada beberapa dari penggemar beratnya yang diikuti balik. Itu dia poinnya. Borussia Dortmund memulai kedigdayaannya di Twitter dengan membuat akun dengan nama pengguna @BVB. Tiga huruf punya banyak makna. Hanya satu, tidak terburu-buru membuat akun resmi dalam multi bahasa. Akun BVB selalu menulis menggunakan bahasa Jerman (sebagai bahasa utama) dan Inggris. Kenapa mereka tidak membuat akun Twitter dalam banyak bahasa? Inilah pertanyaan dari segelintir orang di penjuru negara. Sebagian orang akan kesulitan saat menggunakan bahasa Jerman untuk menulis pertanyaan. Alternatifnya tentu bahasa Inggris.

Borussia Dortmund akan merespon pertanyaan yang dirasa penting. Tentu saja jika dipikirkan lebih jauh akan membuat tim ini terkesan serius. Sebagai contoh, di Twitter, Borussia Dortmund akan mengucapkan “Happy Birthday” kepada siapa saja yang pada hari itu sedang berulang tahun. Sebelumnya harus mention dulu ke @BVB.

Ucapan “Happy Birthday” dari Borussia Dortmund kepada Saya


Sangat simple, hanya menulis kalimat “Happy Birthday” dan diakhiri tanda seru (!). Tapi sebenarnya ulang tahun saya pada tanggal 16 Oktober dan bukan 16 November. Anggap saja itu adalah edisi terlambat.

Menjawab Pertanyaan yang Dirasa Penting

Contohnya saja pertanyaan tentang jadwal pertandingan dan masalah tiket. Dua pertanyaan ini sepertinya sangat penting untuk dijawab oleh pihak Borussia Dortmund.


Benar, ’kan? Saya bertanya dan mereka dengan senang hati memberi jawaban yang saya anggap cukup. Untuk masalah tiket, saya memakai pertanyaan dengan bahasa Jerman yang sedikit ngawur. Namun apa yang terjadi? Mereka justru menjawab menggunakan bahasa Inggris.

Saya cukup senang bisa memiliki kebanggaan kepada Borussia Dortmund (bukan kepada admin). Ini menjadi acuan jika kita pun juga bisa eksis kepada sebuah klub sepak bola. Tampil eksis belum tentu sangar. Mari nikmati pertandingannya dan tetap rendah hati. Sekian dan terima kasih. Heja BVB!

1 komentar: