BUNDESLIGA
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Signal Iduna Park
o BORUSSIA DORTMUND
vs
TSG 1899 HOFFENHEIM
o
JADWAL PERTANDINGAN
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Bundesliga
Borussia Dortmund TSG 1899 Hoffenheim
HIGHLIGHTS BUNDESLIGA
1. FSV Mainz 05 0 2 Borussia Dortmund

Sokratis 55'
Shinji Kagawa 89'

Selasa, 24 Januari 2017

Karena RB Leipzig!


RB Leipzig (2017)

Terlahir sebagai klub sepak bola bernama SSV Markranstädt (bangkrut pada tahun 2004), kini dikenal sebagai RB Leipzig yang dimiliki oleh perusahaan raksasa minuman berenergi Red Bull. Tim ini menurut saya luar biasa dari semangat juangnya, walau sebenarnya RB Leipzig memulai petualangan dari divisi lima Liga Jerman. Pada musim 2016/2017, tim ini berstatus sebagai tim promosi yang bermain di Bundesliga. Sebagai informasi tambahan, RB Leipzig terlahir sejak tahun 2009, masih muda dan penuh ambisi jika dibandingkan dengan klub lain.

Ingat, kamu harus bisa membedakan mana RB Leipzig, Red Bull Salzburg, New York Red Bulls, atau juga Red Bull Brasil. Sebab sama-sama Red Bull Family. Seragamnya mainstream, warna kombinasi putih-merah sebagai warna identitas.


RB Family

RB Leipzig dibenci oleh hampir seluruh pecinta sepak bola Jerman karena dimiliki oleh orang di luar Jerman. Padahal klub Jerman punya koneksi tersendiri dari para penggemarnya.

RB Leipzig menjadikan Red Bull Salzburg sebagai “supplier” tim. Tahu maksudnya? Ini sangat simple. Red Bull berasal dari Austria dan Red Bull Salzburg juga berasal dari Austria. Eh, tapi bukan itu yang akan saya bahas. Pembahasan saya yang mengacu pada “supplier” maksudnya lebih ke transfer pemain. Jadi begini, RB Leipzig “mengimpor” pemain dari Red Bull Salzburg. Dengan kata lain, RB Leipzig dan Red Bull Salzburg sudah saling terkoneksi. Ini sudah terjadi. Salah satunya adalah kesuksesan RB Leipzig yang mendatangkan pemain dari Red Bull Salzburg, yakni Dayot Upamecano pada tahun 2017.

Zentralstadion yang berubah nama menjadi Red Bull Arena. Red Bull Arena sebelumnya bernama Zentralstadion. Stadion ini pernah menjadi saksi sejarah pertandingan antara timnas Jerman timur melawan timnas Cekoslovakia pada tahun 1957. Jumlah penonton yang datang kurang lebih 110.000 orang. Luar biasa! Pada akhirnya stadion yang kini dikenal sebagai Red Bull Arena ini telah dibeli oleh pihak Red Bull dan secara otomatis menjadi kandang RB Leipzig.


Red Bull Arena (2017)

Dominasi RB Leipzig! RB Leipzig mampu bertahan di posisi 5 besar Bundesliga - 2016/2017. Tim ini adalah tim promosi, tapi tidak bisa dipandang sebelah mata. Kita membahas pada musim 2016/2017 di Bundesliga. Melihat RB Leipzig yang mampu menempel ketat tim sekelas FC Bayern München membuat saya yakin jika pada dasarnya semua tim mampu seperti ini. Hanya saja tidak semua tim punya mentalitas yang sama. Ada yang tahan banting dan ada pula yang masih berstatus tim pesakitan. Mengerikan, ya? Lihatlah tim sekelas Borussia Dortmund, Schalke 04, Wolfsburg, Bayer Leverkusen, dan Borussia Mönchengladbach yang kurang bisa “mengejar” laju start bagus RB Leipzig.

Sambil berkompetisi, sambil berjualan. Sejauh ini RB Leipzig punya jati diri sebagai tim petarung di Bundesliga. Red Bull sang pemilik punya “franchise”. Mereka memanfaatkan situasi euforia RB Leipzig dengan membuat sebuah merchandise seperti topi bercorak Red Bull, kaos bercorak Red Bull, dan bola bercorak Red Bull. Ya, intinya ada Red Bull-nya. Ini bisnis, Bos!

Pemain muda menjadi prioritas. Saya membaca artikel di internet. Di situ petinggi RB Leipzig mengatakan jika pihaknya mampu mendatangkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Di sisi lain, dia berkata jika Ronaldo dan Messi tidak cocok dengan karakter tim. Alasannya karena mereka berdua sudah “berumur”. Rasanya masuk akal juga jika RB Leipzig lebih memprioritaskan pemain muda untuk direkrut demi jangka panjang. Sumber di Transfermarkt menyebutkan jika RB Leipzig memiliki rataan skuat termuda jika dibandingkan dengan tim lain di Bundesliga.

3 komentar:

  1. Wah kalau doal bola saya kurang paham, mas Ben.. Hehe

    BalasHapus
  2. Seperti yang Lisa katakan, sama saya juga tidak paham madalah sepak bola, tap dari pemahaman pribadi yang bisa saya ambil dari post ini, RB Leipzig ini merekrut pemain sepak bola muda dan menyalurkannya pemainya secara propesional di dunia persepak bolaan
    maaf kalau saya salah dalam memahami

    BalasHapus
  3. Nama tim RB Leipzig di atas kok saya baru tahu dari blog mas Beny ini ya? Apa memang aku yg kurang update soal bola? Hahaha

    Eh, tapi melihat dari semangat pemainnya, kayaknya RB Leipzig ini bisa menjadi tim besar dalam dunia persilatan.
    Eh, dunia persepakbolaan,maksudnya. Wkwkwkwk

    BalasHapus

Cari Artikel