BUNDESLIGA
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Signal Iduna Park
o BORUSSIA DORTMUND
vs
TSG 1899 HOFFENHEIM
o
JADWAL PERTANDINGAN
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Bundesliga
Borussia Dortmund TSG 1899 Hoffenheim
HIGHLIGHTS BUNDESLIGA
1. FSV Mainz 05 0 2 Borussia Dortmund

Sokratis 55'
Shinji Kagawa 89'

Minggu, 29 Januari 2017

Analisis BAND-MAID: Thrill

“Thrill”
BAND-MAID®

Menurut pendapat saya, lagu “Thrill” milik BAND-MAID bisa dikatakan lagu yang termasuk nge-hits. Video klip ini pernah mendapatkan rekor sebagai video klip yang paling banyak ditonton jika dibandingkan dengan video klip lain yang diunggah oleh BAND-MAID di akun YouTube resminya. Itu dulu, tapi sekarang sudah disaingi lagu “REAL EXISTENCE” yang masuk di mini album ke-2 berjudul “New Beginning” (2015).

Kenapa lagu “Thrill” saya katakan nge-hits? Jawabannya karena lagu ini sering dinyanyikan oleh mereka saat tampil di atas panggung. Selain itu, banyak orang-orang yang meng-cover lagu ini. Saya menemukan ada banyak di YouTube. Silakan tulis “bandmaid thrill cover” di situs pencarian Google! Anehnya, keberadaan BAND-MAID justru lebih dikenal di luar negeri daripada di negaranya sendiri.

Lagu “Thrill” dirilis pada tahun 2014 dan masuk di mini album ke-2 yang bertajuk “New Beginning” milik grup band yang mengusung genre hard rock dan heavy metal, yakni BAND-MAID. Lagu ini sepertinya menjadi lagu wajib BAND-MAID ketika tampil di luar negeri. Ketika tampil di Seattle, Washington DC, Amerika Serikat pada tanggal 25-27 Maret 2016, BAND-MAID juga menyanyikan lagu ini.

Analisis Musikalitas

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, “Thrill” berarti “Gemetar/Ngeri”. BAND-MAID menyebut aliran musiknya dengan jenis hard rock dan heavy metal, padahal lagu ini sebenarnya temponya lambat. Saya pikir aliran lagu “Thrill” ini lebih condong ke hard rock. Instrumen yang dominan adalah gitar dari hasil permainan ciamik dari Kanami dan Miku.

1. Saiki Atsumi (Vokalis)
Di lagu “Thrill”, Saiki tidak sepenuhnya mengisi bagian vokal. Dia berduet dengan sang gitaris/vokalis, yakni Miku. Meski begitu, jatah Saiki lebih banyak daripada Miku. Saiki berperan sebagai vokalis utama sedangkan Miku lebih ke backing vocals dan fokus ke gitar ritem.

2. Miku Kobato (Gitaris/Vokalis)
Meski merangkap sebagai gitaris dan vokalis, tapi Miku tetap konsisten di posisinya. Gitar ritem yang dimainkannya mampu bersinergi dengan gitar utama yang dimainkan Kanami.

3. Kanami Touno (Gitaris)
Sejak di awal-awal lagu, Kanami sudah memainkan gitarnya. Dia terus menjaga alunan melodi gitarnya dan didukung oleh irama drum yang dimainkan Akane. Kanami juga tampil mengesankan dengan permainan solo gitarnya di menit 02:41 sampai di menit 03:00.

4. Misa (Bassist)
Misa mampu menunjukkan kemampuan permainan bassnya ketika instrumen drum menjaga irama musik dan instrumen gitar memberi jalur melodi. Saya mencatat di menit 02:26 sampai di menit 02:40 sebelum akhirnya Kanami menyambar dengan gitar solonya.

5. Akane Hirose (Drummer)
Tempo lagu “Thrill” memang lambat. Akane tetap konsisten menjaga irama musik. Dia juga berperan penting ketika menopang suara instrumen gitar dan bass.

Analisis Video Klip

Latar tempat pengambilan video klip ini saya kurang tahu. Tapi yang jelas terlihat seperti di dalam ruangan berwarna serba putih (screenshot 1).

Aksi para personel BAND-MAID di video klip ini masih terkesan “culun”. Betapa tidak, BAND-MAID terbentuk pada tahun 2013. Lagu “Thrill” dirilis tahun 2014. Saya merasa kalau para personel BAND-MAID belum terbiasa dengan sorotan kamera. Atau mungkin ini hanya perasaan saya saja.


(Screenshot 1)


(Screenshot 2)


(Screenshot 3)

Menurut pendapat saya, latar pengambilan gambar di video klip “Thrill” tampak sederhana. Hanya terfokus pada satu tempat saja.

1. Saiki Atsumi (Vokalis)


Berbeda dengan video klip yang lain, riasan wajah Saiki Atsumi tampak feminim di video klip “Thrill”. Sebagai perbandingan, biasanya riasan wajah Saiki tampak “horor” di lagu lain. Bahkan ada seseorang yang mengatakan jika riasan wajah Saiki mirip seperti “zombie”. Tapi ini memang benar! Secara keseluruhan, Saiki tampil baik di video klip ini.

2. Miku Kobato (Gitaris/Vokalis)


Karakter vokal Miku bertolak belakang dengan Saiki. Miku terlihat lebih ceria sedangkan Saiki tampak serius dan meresapi di lagu ini. Kenapa bisa berbeda seperti ini? Saya juga bingung.

3. Kanami Touno (Gitaris)


Berbeda dengan personel lain, Kanami terlihat sedikit “rusuh” ketika memainkan gitarnya. Dia terlihat ingin selalu berjingkrak-jingkrak.

4. Misa (Bassist)


Sosok Misa di video klip “Thrill” terlihat misterius dan sangar. Wajah Misa selalu tertutupi oleh rambutnya yang panjang. Mungkin untuk kamu yang menonton video klip ini akan merasa penasaran dengan wajah Misa?

5. Akane Hirose (Drummer)


Tampil enerjik, mungkin itulah dua kata untuk Akane Hirose. Di video klip “Thrill”, dia terlihat konsisten.

Penasaran dengan video klip BAND-MAID - Thrill? Berikut ini adalah video klip yang diunggah oleh BAND-MAID di akun YouTube resminya:


Catatan:
・Tulisan ini berdasarkan pendapat pribadi.
・Fokus ke lagu dan jangan terlalu fokus ke video klip.


.:: Informasi::.

BAND-MAID pernah satu panggung dengan grup band post-hardcore dari Jakarta, Indonesia, yakni Thirteen. Thirteen menggandeng BAND-MAID dalam rangka tur konser mereka di 3 kota di Jepang, yakni Tokyo, Osaka dan Nagoya pada tanggal 18-21 Maret 2016. Sampai saat ini saya belum melihat foto-foto selfie antara personil BAND-MAID dan Thirteen.

Thirteen cukup dikenal di Jepang. Terbukti album mereka sebelumnya “Epidemic” (2011) juga beredar di pasaran musik Jepang. Thirteen sendiri bernaung di salah satu label rekaman asal Tokyo bernama Garimpeiro Records.

Apa pendapatmu setelah melihat video klip BAND-MAID - Thrill? Mari kita saling bertukar pendapat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel