BUNDESLIGA
Minggu, 17 Maret 2019 – 00:30 WIB
Hertha Berlin Borussia Dortmund

BAND-MAID vs BRIDEAR


BAND-MAID vs BRIDEAR

"Hello, Master and Princess." Begitulah tagline dari BAND-MAID yang menyebut aliran musiknya adalah hard rock dan heavy metal. Saya pernah menulis artikel "battle" yang mempertemukan antara BAND-MAID dengan BRIDEAR di Facebook. Dari situ, saya terinspirasi untuk menulisnya di sini.

Saya tidak punya niat untuk mengunggulkan satu pihak dan merendahkan pihak lain karena 2 band ini sama-sama saya jagokan. Anggap saja ini sebagai artikel untuk membedakan mana BAND-MAID dan mana BRIDEAR. Dua band ini punya hubungan baik, terbukti personilnya sering foto-foto usai tampil di festival musik metal di Jepang.

Riwayat

▪ BAND-MAID terbentuk pada tahun 2013 di Tokyo, Jepang. BRIDEAR terbentuk pada tahun 2011 di Fukuoka, Jepang. Dilihat secara historis, BRIDEAR umurnya lebih tua 2 tahun dari BAND-MAID. Sama-sama terdiri dari 5 orang wanita.

Musikalitas

▪ BAND-MAID mengusung genre hard rock/heavy metal. BRIDEAR mengusung genre power metal. Jelas berbeda jika dilihat dari segi musikalitasnya. Tapi sama-sama tidak mengusung lirik lagu "cengeng".

▪ Tempo lagu BRIDEAR setingkat lebih cepat daripada BAND-MAID, tapi keduanya sama-sama powerful.

▪ Efek penambahan distorsi di instrumen BAND-MAID lebih keras dan berisik daripada BRIDEAR.

▪ Lagu milik BRIDEAR bertema "fantasy". Lagu BAND-MAID bertema "kehidupan".

▪ BAND-MAID menggunakan 2 vokalis, yakni vokalis utama (Saiki) dan backing vocals (Miku). BRIDEAR hanya memakai 1 vokalis (Kimi), tapi ada yang mengisi bagian scream vocals (Misa).

Vokalis: Saiki vs Kimi

▪ Karakter vokal Saiki (BAND-MAID) adalah serak-serak basah, spesialis nada tinggi. Kimi (BRIDEAR) suaranya lebih clean.

Gitaris (Utama): Kanami vs Mitsuru

▪ Kanami (BAND-MAID) dan Mitsuru (BRIDEAR) sama-sama seorang komposer di band-nya masing-masing. Pertarungan Kanami melawan Mitsuru di posisi ini cukup dominan, tentu dari permainan gitar yang cepat dan agresif.

Gitaris (Ritem): Miku vs Misa

▪ Miku (BAND-MAID) dan Misa (BRIDEAR) adalah gitaris kedua masing-masing band. Selain memainkan gitar ritem, Miku juga bertindak sebagai backing vocals. Misa memainkan gitar dan mengisi bagian scream vocals.

Bassist: Misa vs Haru

▪ No comment! Keduanya sama-sama bagus di posisinya.

Drummer: Akane vs Kai

▪ Kai (BRIDEAR) memakai 2 pedal bass drum. Hal ini membantunya membuat ketukan drum menjadi lebih cepat. Akane (BAND-MAID) mungkin tidak selalu memakai 2 pedal bass drum di lagu dengan tempo lambat.

Itu hanya sedikit dari beberapa poin yang membedakan BAND-MAID dan BRIDEAR menurut pendapat saya. Di bawah ini ada 2 video klip yang bisa membedakan musiknya BAND-MAID dan BRIDEAR. Silakan dicermati!

BAND-MAID - REAL EXISTENCE



BRIDEAR - Light in the Dark


Apa yang membedakan antara BAND-MAID dan BRIDEAR? Mari kita saling bertukar informasi!
BAND-MAID vs BRIDEAR BAND-MAID vs BRIDEAR Reviewed by Beny Oki Sugiarto on 10/28/2016 01:35:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Anda diharapkan membaca artikel ini dalam keadaan sadar dan tidak dalam paksaan pihak mana pun!

Beny “Penggemar Borussia Dortmund yang berharap Asami (LOVEBITES) kembali muda dan suatu saat nanti bisa membentuk supergroup bersama dengan Aldious, BAND-MAID, Cyntia, dan Mary's Blood.” - Beny Oki Sugiarto
Diberdayakan oleh Blogger.