BUNDESLIGA
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Signal Iduna Park
o BORUSSIA DORTMUND
vs
TSG 1899 HOFFENHEIM
o
JADWAL PERTANDINGAN
Sabtu, 16 Desember 2017 – 21:30 WIB
Bundesliga
Borussia Dortmund TSG 1899 Hoffenheim
HIGHLIGHTS BUNDESLIGA
1. FSV Mainz 05 0 2 Borussia Dortmund

Sokratis 55'
Shinji Kagawa 89'

Sabtu, 29 Oktober 2016

Analisis BAND-MAID: Don't let me down

“Don’t let me down”
BAND-MAID®

Saya akan mengajak Anda untuk membahas lagu yang punya cukup nyali! Pada dasarnya, grup band rock/metal tidak harus berpenampilan menyeramkan, bahkan brutal. BAND-MAID telah membuktikan jika band rock/metal tidak harus berpenampilan seperti itu. Hanya saja, musiknya memang setingkat lebih rumit.

Don’t let me down” adalah lagu milik BAND-MAID, masuk ke dalam album ke-2 “New Beginning”, rilisan tahun 2015. Lagu ini dapat ditemukan pada track lagu nomor 8 pada album tersebut.

Genre lagu ini ada unsur hard rock dan heavy metal. Tempo lagunya cepat. Distorsi gitar yang disuguhkan juga cukup berat ala band-band beraliran metalcore. Untuk seorang cewek yang memainkannya, itu terlihat luar biasa. Dua jempol dari saya untuk duet maut gitaris utama dan gitaris ritem, yakni Kanami dan Miku.

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, “Don’t let me down” berarti “Jangan kecewakan aku”. Lagu ini 100% menggunakan bahasa Inggris. Ini adalah kali pertama BAND-MAID menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris.

Saya beri contoh beberapa penggal reff lirik lagu “Don’t let me down”.

Don’t let me down
(Jangan kecewakan aku)

Don’t let me down
(Jangan kecewakan aku)

Cause our love is gone away
(Karena cinta kita sudah menghilang)

Selengkapnya, silakan baca terjemahan lagu ini di Pamanaji.

Menurut saya, makna lagu ini terdapat unsur pengharapan seseorang kepada orang yang dicintainya. Terdapat nuansa liar, kebencian, bahkan kemarahan. Dia berharap bisa mendapatkan sesuatu yang dia inginkan. Namun apa daya, ketidakharmonisan membuat hubungan keduanya menjadi retak.

Analisis Video Klip

Saya kurang begitu yakin lokasi pengambilan gambar di video klip “Don’t let me down” ini. Namun, salah satunya terlihat berada di tempat publik (ketika Miku sedang berlari).


[Screenshot 1]


[Screenshot 2]


[Screenshot 3]

[Screenshot 1] Itu adalah Miku Kobato (gitaris/vokalis). Pihak BAND-MAID menunjuk Miku sebagai bintang utama di video klip “Don’t let me down”. Terlihat kalau Miku sedang berlari-lari. Saya masih gagal paham. Apa yang sedang dia kejar? Padahal tak terlihat ada orang yang dia kejar di depannya.

[Screenshot 2] Kalau sudah seperti ini, saya harus katakan kalau ini adalah duet maut di posisi vokal! Screenshot 2 yang saya ambil itu adalah Miku (kiri) dan Saiki (kanan).

[Screenshot 3] Gambar tersebut menunjukkan sisi kemarahan, kekecewaan, dan kebencian. Ada kobaran api dan beberapa kehancuran yang terjadi. Masuk akal dengan makna lagunya.

Analisis Penampilan

• Saiki Atsumi (Vokalis)


Gerak tubuh Saiki ketika bernyanyi nampak jelas menunjukkan gaya rocker. Kembali lagi ke konsep BAND-MAID (sebagai pelayan kafe), meski sebagai rocker, tapi Saiki harus selalu memakai sepatu high heels. Ini adalah suatu keharusan untuknya untuk menerapkan konsep maid (pelayan kafe).

• Miku Kobato (Gitaris/Vokalis)


Beruntung untuk Miku, terpilih sebagai bintang utama di video klip ini. Saya baca di berita online, Miku mengatakan jika dirinya merasa tidak nyaman saat berlari menggunakan sepatu seperti itu. Coba amati video klip di bawah nanti yang diunggah oleh BAND-MAID di YouTube. Lihat, apa jenis sepatu yang dikenakannya?

• Kanami Touno (Gitaris)


Mungkin tidak sedikit dari kalian yang mengatakan kalau permainan gitar dari Kanami terlalu berlebihan. Memang seperti itu, karena penambahan efek distorsi. Secara total, Kanami cukup bagus saat memetik gitar-nya.

• Misa (Bassist)


Misa tampak misterius. Dia jarang menatap ke kamera, hanya menunjukkan action-nya saat bermain bass.

• Akane Hirose (Drummer)


Achi tampak semangat saat menabuh drum-nya. Jelas, karena tempo lagu ini lumayan cepat. Meski begitu, pedal bass yang terpasang di drum milik Achi jumlahnya hanya satu, bukan dua.

Catatan:

Tulisan ini berdasarkan pendapat pribadi.


Penasaran dengan video klip BAND-MAID - Don’t let me down? Berikut ini adalah video klip yang diunggah BAND-MAID di akun YouTube resminya:


Apakah ada yang ingin menambahkan opini dari saya? Silakan, mari kita saling bertukar informasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel